Skip to main content

#2 Kehilangan Kesenangan Bermain Games

 Sumber gambar: Freepik.com

Games yang lagi gue mainin akhir-akhir ini dan sampai sekarang adalah free fire. Gue nggak tahu mau main games apa lagi. Rasa-rasanya games sudah kurang menyenangkan. Entah kenapa. Padahal, dua atau tiga tahun lalu, rasa-rasanya hampir setiap hari gue mainin games ini.

Bahkan sampai gue belain curi-curi waktu di sela kesibukan. Karena sebegitu bikin nagihanya, gue pun pada waktu itu sudah sampai pada peringkat pertama diantara kawan-kawan gue yang lain. Peringkat ini gue dapetin karena terlalu sering intensitas gue untuk bermain. Tapi itu dulu. Sekarang beda.

Selain free fire, gue juga main PUBG dan Call of Duty. Gue pun sempat tergila-gila akan permainan ini. Tapi sebentar saja untuk kedua games ini. Entah kenapa, 2 tahun belakangan ini gue mudah bosan.

Padahal, kalau boleh dibilang, gue tipe setia sama games. Misalnya, Clash of Clan (COC). Jika tidak salah ingat, mungkin 3 tahun atau lebih gue bermain COC. Gue mulai bermain COC karena pada saat itu games ini sedang hits. Namun, sampai games ini tidak lagi popular, gue masih tetap mainin. Sampai-sampai temen gue pada heran dan meminta gue beralih ke games yang sedang populer sehingga bisa bermain bersama.

Jika akun gue nggak terblokir, mungkin gue masih main games ini. Sayangnya, akun COC terblokir. Ketika terblokir pun, gue bahkan membuat kata-kata perpisahan dan gue posting di Instagram (IG) dan twitter. Agak dramatis memang.

Oke, cerita gue di atas adalah ketika masa-masa android sudah jadi raja dalam di teknologi telepon genggam. Jika ditarik jauh sebelum itu, gue juga salah satu penikmat Games di Telepon Genggam (Handphone atau “HP”). FYI, HP pertama dalam hidup gue yaitu Nokia N-gage, Gue punya HP itu tahun 2004 atau 2005. Gue lupa tepatnya kapan. Orang tua gue membelikannya seharga Rp. 1,7 juta. Gue masih ingat betul bagaimana transaksi jual beli terjadi. Karena waktu itu sulit mendapatkan HP tersebut akhirnya orang tua gue meminta bantuan saudara untuk mencarikannya. Beruntung ada orang yang mau melego barang tersebut. Betapa senang hati gue waktu itu ketika menggenggamnya.

Btw, kenapa gue gambarin dikit HP N-gage, ya karena HP tersebut adalah sebuah legenda. Cikal bakal dari segala jenis HP yang ditujukan untuk bermain Games. Mungkin saat ini, perangkat dengan embel-embel Republic Of Gaming (ROG) adalah perangkat paling canggih untuk bermain Games. Tapi, kembali lagi, rootsnya adalah Nokia N-gage.

Sewaktu gue punya N-Gage, kerjaan yang paling gue senangi adalah explore Games yang bisa dipasang di HP gue. Tapi, dari sekian banyak Games yang gue mainin di N-gage, terdapat 3 Games yang paling gue ingat, yaitu Tony Hawk Pro Skater, FIFA, dan worm. Tiga Games ini terfavorit. Sampai-sampai Hp gue digilir sama teman-teman gue waktu SMA.

Tapi kalau ditarik lebih jauh lagi, Games HP yang pertama gue mainin adalah cacing dan space impact di HP Nokia 3330 miliki bokap gue.

Dalam bermain Games, gue orang yang setia. Jika misinya belum tamat, gue agak kurang suka berpindah. Gue ganti Games biasanya ketika misinya sudah tamat jika Games tersebut adalah Games petualangan. Harus tuntas pokoknya. Kalau belum tuntas, seperti ada yang mengganjal. Itu yang menyebabkan gue betah berlama-lama dalam satu Games. Bahkan ketika tren Games berubah, gue tetap berkeras hati. Oleh karena itu, Games yang gue mainin sedikit. Meski sedikit, gue berani memberi penjabaran panjang dan lebar tentang Games yang gue mainkan.

Itu games di HP. Jika berbicara games Play Station (PS), ya either PES atau FIFA. Itu aja gue ubek-ubek. Oh iya satu lagi, Games PS 1 lainnya yang menjadi favorit gue adalah bloody roar. Sampai-sampai, beberapa minggu lalu, gue coba cari lagi games bloody roar di internet dan dapat. Tapi ternyata, tidak sebegitu menarik jika dimainkan sekarang. Segitu aja cerita tentang Play Sation.

Jika berbicara tentang PC Games, wah, ini agak sedikit panjang penjelasannya. Tapi singkatnya, counter strike sudah pasti gue mainin ketika gue SMA. Kemudian, worm versi PC, Pin ball, plumber, dan solitare adalah Games yang yang paling gue sering gue mainin saat SD. Tapi untuk Games online seperti ragnarok, gunbond, seal dan kawan-kawannya, gue kurang mainin. Kenapa? Karena gue nggak punya banyak uang untuk ngewarnet waktu SD atau SMP. Kemudian, gue juga sering diomelin sama orang tua gue kalau sering-sering ke warnet.

Masih banyak Games lain yang sering gue mainin, tapi gue lupa namanya. Banyak banget. Gw bahkan sering beli majalah PC Games waktu itu untuk update tentang games di PC.

Tapi sekarang, gue lagi cari games baru yang membuat gairah bermain gue meningkat lagi. Gue nggak tahu games apa yang seru. Gue masih kurang tertatik dengan Mobile legend dan arena of valor. Karena gue lihat, games itu kayanya ribet banget.

Gue pengen membangkitkan gairah bermain games lagi. Tapi apakah umur berpengaruh juga dengan Games. Jika umur, Tapi setahu gue, ungkapan boys always be boys masih relevan. Sebab gue masih lihat temen-temen gue atau bahkan senior gue dan mungkin bapak-bapak masih senang bermain games. Ataukah emang karena gue lagi sibuk kerja saja sampai segala jenis Games yang gue mainkan itu nggak bertahan lama dan mudah berganti-ganti.

Mungkin gue punya orientasi hidup yang lain sekarang berhubung umur gue sudah semakin tua sehingga urusan bekerja mengambil banyak space yang ada di otak gue. Soon, gue berharap bisa  ketemu games yang membuat gairah gue bermain meningkat lagi. Kalau sekarang, kayanya gw lagi kehilangan Kesenangan Bermain games.

05/07/2020
14;36
Tempat biasa

Comments